Water Sport

ARUNG JERAM YUK !

Arung jeram adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan fisik dan mental karena adanya tantangan alam. Tentu ada aspek rekreasi karena lokasinya berada di daerah yang masih hijau dan asri. Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana yang tenang. Arung jeram juga biasanya dilakukan beramai-ramai.
Secara emosional, berarung jeram bisa merupakan sarana untuk melepaskan stres. Bila belum pernah melakukannya, perasaan Anda akan bercampuk aduk antara takut, tegang, dan penasaran. Setelah merasakan serunya perjalanan mengarungi arus deras sungai, yang terasa adalah sensasi yang menyenangkan.
Ketika melintasi jeram, Anda akan berteriak keras, seolah-olah terlepas dari semua masalah. Anda pun akan merasa excited dan stres yang membebani pikiran akan hilang. Bahkan, sekali mengarungi jeram, Anda pasti akan ketagihan. Mengapa? Seperti olah raga lain, arung jeram bagus dari segi kesehatan. Berarung jeram dapat
meningkatkan kemampuan atau kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang. Manfaatnya, tubuh bisa merasa lebih bugar.
Arung jeram sebagai wisata mulai dikenal di Indonesia pada pertengahan dekade 90-an. Sebelumnya kegiatan ini lebih banyak dilakukan para pencinta alam. Tak ayal, muncul kesan bahwa arung jeram hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan berpengalaman. Namun pada dasarnya olahraga arung jeram bisa dilakukan siapa saja tentu saja dengan persyaratan tertentu yang tentu saja untuk menjaga keselamatan orang itu sendiri.
MEMINIMALISIR RISIKO
Bermain arung jeram memang membutuhkan keberanian tersendiri. Risiko berarung jeram antara lain jatuh, terbentur batu, tersangkut ranting, jatuh ke dalam jeram, tergulung pusaran air, sampai hanyut. Tetapi jangan takut, dengan persiapan yang baik serta memahami bagaimana berarung jeram dengan baik dan aman maka hal tersebut dapat dikurangi resikonya.
Waktu yang direkomendasikan untuk berarung jeram adalah saat musim hujan hampir berakhir (sekitar bulan Februari atau Maret). Jika melakukannya pada awal musim hujan, debit air sungai tidak menentu. Bila ada air besar dari hulu sungai, pengarungan harus ditunda. Sedangkan pada pertengahan musim hujan, debit air rata-rata besar. Arung jeram sama sekali tidak boleh dilakukan pada saat air besar.
Jadi, kalau Anda berniat mencoba berarung jeram, akhir pekan ini adalah waktu yang cocok.

SIAPA YANG TIDAK BOLEH BERARUNG JERAM?
• Baru sembuh dari sakit atau baru dirawat di rumah sakit
• Cedera pada tangan dan bahu
• Penderita epilepsi yang bisa kambuh saat stres atau panik
• Asma tipe exercise induced (asma yang timbul saat olah raga)
• Orang yang memiliki riwayat penyakit yang membahayakan, misalnya hipertensi berat, penyakit jantung
PERSIAPAN ARUNG JERAM
• Tidak ada pakaian khusus, tapi jangan pakai jins karena akan memberatkan jika terkena air. Pilih yang ringan, tidak menyerap air, dan tidak menyulitkan gerakan di air
• Sepatu juga tidak perlu jenis khusus, tapi sebaiknya gunakan sandal gunung, atau sepatu kets yang tidak licin dan ringan
• Makan dulu minimal dua jam sebelumnya. Jangan terlalu banyak karena bisa muntah jika sering mengalami goncangan di perahu. Makan cukup kalori, supaya bertenaga
• Sebelumnya lakukan peregangan otot bahu dan lengan untuk menghindari cedera otot atau kram. Setengah jam cukup
• Setiap petunjuk harus dipahami dengan benar
TIPS
• Banyak minum meski tidak haus karena tubuh akan banyak berkeringat
• Bawa snack untuk menggantikan kalori yang terbuang
• Gunakan sunblock untuk mengatasi sengatan matahari
• Bawa obat-obatan, terutama untuk cedera, misalnya bidai, obat luka, obat pelemas otot
• Jangan panik apapun yang terjadi, karena akan menyusahkan tim

Berikut tadi adalah tips-tips kecil untuk berarung jeram dengan baik dan aman. Namun untuk mengetahui serta berlatih arung jeram sebaiknya harus didampingi oleh seseorang yang ahli dan memiliki pengalaman.
Disuting oleh tim divisi wild water sport MAPALA JUSTITIA FH UNLAM

From: http://justitia.wordpress.com/2007/05/11/20/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: