Water Sport

Keselamatan di sungai

  1. Setiap peserta wajib memakai peralatan keselamatan selama mengikuti perlombaan, yaitu pelampung dengan daya apung sekurang-kurangnya 7kg (akan diperiksa terlebih dahulu oleh juri atau anggota panitia sebelum start) dan helm sesuai dengan standar keselamatan sungai. Penyelenggara akan memberikan pilihan untuk menambah minimal daya apung jika volume air sungai tinggi atau karena alasan keselamatan lainnya.
  2. Penyelenggara akan memberitahukan pakaian yang sebaiknya digunakan. Jika temperatur air membutuhkan wet atau dry suit, penyelenggara akan mengumumkan 3 (tiga) bulan sebelum kegiatan termasuk berapa ketebalan wet suit minimal yang direkomendasikan. IRF merekomendasikan untuk menggunakan bahan neoprene atau dry suit untuk suhu di bawah 15 derajat celcius.
  3. Diwajibkan untuk Down River Race dan dianjurkan untuk Sprint dan Slalom, setiap tim membawa sekurang-kurangnya membawa 1 flip-line dan 1 pisau, serta 1 (satu) buah throw-bag dengan tali minimal 12 (dua belas) meter sebagai perlengkapan tim.
  4. Sebelum berangkat petugas safety akan memeriksa kelengkapan dan kelayakan peralatan keselamatan. Regu yang dianggap tidak memenuhi persyaratan tidak akan diberangkatkan sampai semuanya dipenuhi. Waktu untuk melengkapi perlengkapan dibatasi dalam Technical meeting atau ditentukan penyelenggara sejauh tidak mengganggu keseluruhan waktu yang tersedia.
  5. Petugas keselamatan berhak untuk menghentikan perlombaan segera setelah melihat adanya ancaman bahaya bagi peserta dan panitia.
  6. Dalam masalah keselamatan, keputusan terakhir berada pada petugas Safety. Semua peserta wajib tunduk dan patuh kepada keputusannya. Bila diputuskan untuk menghentikan sebuah perahu untuk mengatasi suatu masalah, maka petugas akan memberikan sebuah tanda yang akan disepakati bersama dalam technical meeting dan harus dipatuhi. Regu yang mengabaikan perintah demi keselamatan mereka atau regu lainnya akan dihukum atau didiskualifikasi dari perlombaan.
  7. Safety Director memiliki hak untuk menghentikan perlombaan jika ada hal-hal yang membahayakan.
  8. Dalam setiap even kompetisi, semua peserta bertanggung jawab atas keselamatannya masing-masing. IRF, FAJI, Panitia Pelaksana, sponsor tidak bertanggung jawab atas kecelakaan atau kerusakan yang terjadi selama berlangsungnya perlombaan. Semua peserta dan panitia bertanggung jawab untuk bertindak secara hati-hati sesuai dengan aturan keselamatan untuk mengurangi kemungkinan terjadi kecelakaan atau kerusakan.
  9. Dalam keadaan apapun lomba tidak akan mengarungi jeram grade VI.

from: http://www.faji.org/?go=organisasi&p=juklak_kompetisi&hal=11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: